Permulaan, Biji

Diposting oleh SDN Sawahjoho 01 on Kamis, 06 Oktober 2011


Blog sekolah. Apakah yang dapat kita eksplorasi dari sebuah tantangan membuat sebuah blog sekolah?. Selanjutnya ide apa saja yang dapat kita gali demi keberlanjutan sebuah blog yang "diproduksi" oleh sebuah institusi pendidikan?. Semua berawal dari sini.
Bagai sebuah biji yang terbelah kedua kepingnya, lalu menyembul dari sana sebuah kuncup hijau, tumbuh melebar bagai sayap kumbang kelapa. Menjadi sepasang daun. Kemudian timbul di antaranya keduanya pucuk yang baru. Menjadi daun juga. Dan berfotosintesa. Begitulah kiranya sebatang pohon mangga tumbuh, seperti halnya sawo atau rambutan, sirsak, maupun apel. Dan vegetasi lainnya. Menghasilkan lembar demi lembar daun untuk hidup. Adakalanya berbunga, meski tak semua menjadi buah. Namun yang kita petik ternyata tak sesecuil itu. Rimbunnya daun kerap meneduhkan kita dari panas mentari. Kuatnya akar menopang tanah dan menyimpan air. Dan lagi-lagi daun itu berperan sebagai mesin pengolah CO2 menjadi oksigen yang setiap saat kita hisap.
Begitupun halnya sebuah tumbuhan editorial, setiap hari harus menghasilkan dedaunan kata. Tiap lembar tulisan menjadi buah pemikiran kita. Memang buahnya hanya dapat kita petik semusim dalam setahun. Namun setiap nafasnya membuat blog kita hidup setiap hari.
Nah, karena blog ini hidup dan berakar dari "kebun sekolah", Insya Allah setiap tulisan memiliki nilai pendidikan. Harapan saya sebagai penanam biji blog ini, semoga semua yang terkandung di kedalaman tanah kebun kita dapat menjadi zat hara yang menyuburkan tumbuhan ini. Agar ia dapat terus tumbuh dan dapat menjadi tempat kita berteduh.
sumber gambar : http://mozaikehidupan.wordpress.com/about/

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar